Budaya

5 MACAM KOPI NUSANTARA YANG WAJIB ANDA COBA

0

Dari Aceh hingga Papua, begitu banyak macam-macam kopi nusantara yang terdapat di Indonesia dengan cita rasa yang khas. Sebagai salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak macam kopi yang telah menjadi kebanggaan diantaranya adalah:

Kopi Aceh Gayo
Di Aceh terdapat dua jenis di budidayakan yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta. Diantara keduanya yang paling terkenal adalah kopi Gayo (Arabica) yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam sehingga banyak disukai. Cita rasa kopi Gayo sendiri tidak seperti kebanyakan kopi yang ada dengan masih meninggalkan rasa pahit di lidah, hal ini tidak demikian pada kopi Gayo karena rasa pahit yang hampir tidak terasa.

Kopi Toraja
Kopi ini dikenal dengan nama kopi celebes kalossi, nama yang diambil dari salah satu nama kolonial Belanda ini telah berpetualang di kafe­kafe seantero dunia. Kopi Toraja memiliki kandungan asam rendah dan memiliki body yang berat. Apabila Anda membuka kemasannya maka aroma wangi kopi langsung tercium, meskipun tidak terlalu kuat. Hal menarik lainnya di kopi ini adalah adanya rasa sedikit asam.

Kopi Bali Kintamani
Dataran Kintamani dengan ketinggian diatas 900 mdpl merupakan tempat dimana kopi Bali Kintamani ini dihasilkan. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk.

Kopi Papua Wamena
Kopi yang berasal dari Indonesia timur ini ditanam pada ketinggian 1.200m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik. Jika Anda menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka Kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

Kopi Flores Bajawa
Kopi Arabika yang berasal dari kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur ini memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may also like