Culture

Islam Nusantara Untuk Generasi Millenial

0

Indonesia merupakan negara dengan Jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Penyebarannya sangat pesat pada zaman walisongo yang menggunakan media budaya dalam penyebaranya. Pada kala itu penduduk di Indonesia adalah Hindu Budha, namun dengan penyebaran agama islam oleh walisongo maka penduduk Indonesia, khususnya di Pulau Jawa mengikuti agama islam. Islam yang hadir di Indonesia merupakan Islam yang ramah tanpa adanya paksaan dengan emosi. Dengan itu, Islam di Indonesia beda dengan Islam di Timur Tengah dalam hal adat istiadatnya. Dari inilah penyebutan Islam Nusantara mulai digagas oleh kalangan Nahdlatul ulama.


Islam Nusantara merupakan sebuah tipologi atau sebutan untuk islam yang sesuai dengan adat istiadat di Indonesia. Islam Nusantara pengertian madzhab atau pemahaman islam baru, namun merupakan pemahaman adat istiadat antara islam dan kearifan lokal di negeri ini. Islam Nusantara mencontohkan sikap yang toleran tanpa adanya kekerasan. Islam Nusantara adalah islam yang merangkul bukan memukul dan islam yang ramah bukan marah. Untuk itu, sebagai seorang mahasiswa selaku menciptakan milenial harus bisa mencontohkan sikapnya seperti ajaran Islam Nusantara.


Menurut saya, menciptakan milenial saat ini harus memiliki pegangan islam sendiri tanpa adanya paksaan. Namun, kebanyakan ajaran islam di era sekarang sudah sangat banyak. Bahkan ada ajaran yang mungkin mengandung unsur radikal menuju terorisme. Dengan Islam Nusantara inilah yang bisa menjadi solusi dalam menciptakan kehidupan milenial saat ini. Jangan khawatir dan jangan risau ketika kita sudah belajar konsep Islam nusantara. Karena dengan kita belajar memahami dan mengamalkan Islam Nusantara maka insyaallah Islam yang kita jalankan akan diberikan ridho oleh Allah.

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published.

You may also like