NationNews

LP Ma’arif NU PBNU Protes Keras Penghapusan Nama Pendiri NU dalam Kamus Sejarah Indonesia

0

Jakarta, Ma’arifNU Online,- Ketua LP Ma’arif NU PBNU Kiai Zainal Arifin Junaidi  sangat menyayangkan dan menyesalkan hilangnya nama tokoh pendiri Nahdlatul Ulama Hadratus KH. Hasyim Asy’ari dari Kamus Sejarah Indonersia Jilid I yang diterbitklan Kemdikbud.  Protes keras Ketua LP Ma’arif NU atas tindakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  dan meminta mentreri Nadiem Makarim bertanggungjawab atas penghilangan jejak sejarah ini, tegasnya, senin 19 April 2021.

Penghilangan nama  pendidri NU dan Pahlawan Nasional Itu merupakan upaya sistematis pengaburan sejarah bangsa dan lebih jauh lagi upaya pengaburan akar bangsa kita,. Menurutnya, hal itu merupakan upaya untuk menafikan peran KHM. Hasyim Asy’ari pada khususnya dan jam’iyah NU pada umumnya dalam sejarah pergerakan, eksistensi dan pembangunan bangsa. Penghapusan itu juga bisa diartikan sebagai upaya mengeleminasi NU dari partisipasi dan kontribusi NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang.

Upaya sekelompok kecil orang melakukan penghapusan itu menunjukkan ada segelintir orang yang ingin mencitrakan bahwa kita bangsa yang kerdil, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Sangat mengecewakan apa yang telah di lakukan oleh kemendikbud, imbunya.

LP Ma’arif NU PBNU memprotes keras penghapusan itu dan meminta untuk mencantumkan KHM. Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Indonesia. LP Ma’arif NU juga minta pihak-pihak terkait di pemerintahan untuk menindak keras pelaku penghapusan itu, untuk menghindari kesan bahwa penghapusan itu dilakukan secara sengaja dan sistematis oleh pihak-pihak terkait di pemerintah, pungkasnya.

Sumber: http://maarifnu.org/

Comments

Comments are closed.

You may also like